Sabtu, 15 September 2012

Benteng Pertahanan

Image from tumblr

Ini bukan sekedar tentang pertahanan. Bukan seberapa kuat kita menahan serangan yang terus menyerbu tampa henti. Tapi, ini soal bagaimana kita berteman dengan waktu untuk dapat saling mengerti.
Rutinitas yang berulang- ulang dalam jangka waktu yang lama bisa di pastikan bisa membuat seseorang jenuh. Sama seperti benteng dari sebuah kastil kerajaan, kalau di serang terus menerus pasti lama- lama akan hancur juga.

Inilah kenapa perlu nya melupakan. Bukan melupakan secra gamblang. Tapi, melupakan untuk sejenak. Memikirkan hal yang sama berulang kali bisa membuat pikiran jenuh berkepanjangan. Dan itu juga yang pernah saya alami. Pernah suatu saat saya menjalani sebuah rutinitas yang tampa henti selama beberapa minggu. Ya..tepat nya itu ulangan. Baca buku pelajaran setiap hari, membuat ringkasan, dibaca lagi. Dan begitu berulang- ulang.

Sampai pada suatu hari, kejenuhan itu mulai menyeruak dari dalam fikiran dan hati. Mereka seperti terus melawan. Membuat saya semakin malasss sekali buka buku pelajaran. Saya coba paksa, tidak banyak yang berubah. Dan akhir nya hasil yang saya dapat kurang memuaskan.

Kesel juga sih ya. Tapi, karena itu juga saya mulai mengerti.


Sampai keesokan nya adalah hari libur. Saya habiskan untuk melakukan apa yang tidak bisa saya lakukan saat sedang melakukan rutinitas biasa nya. baca komik, nonton film, baca novel, dan buku pelajaran untuk sementara saya hindari. 
Seharian, saya sama sekali tidak membaca apapun yang menyangkut rutinitas biasa nya. Kalaupun iya paling hanya selewat :)



Keesokan hari nya pada hari Minggu. Setelah kemarin saya menikmati waktu istirahat. Saya mencoba kembali membaca ulang buku- buku pelajaran yang akan di ulangan kan besok nya. Dan, cukup lancar juga sih ya baca nya. Paling tidak, rasa yang mengganjal saat sebelum nya sudah mulai menghilang. Aneh nya, saya juga sudah mulai bisa menikmati rutinitas itu kembali.



Nah, Mungkin ini kali ya arti dari istirahat sejenak. Melakukan hal yang sama kadang bisa membuat kesal. Bosan badai (cailah bahasa nya..). Maka nya istirahat juga perlu. 
Setiap orang pasti punya cara nya masing- masing untuk bangkit dari rasa kejenuhan. Entah dengan tidur, Membaca komik kesukaan, atau menonton film komedi. Cara nya beragam.


Tapi, sama juga seperti benteng. Perlu ada nya renovasi dan perawatan agar tidak mudah dihancurkan. harus di poles sedemikian rupa. Kalau ada yang rusak perlu di perbaiki. Dan jika serangan itu datang lagi...


Kita sudah siap dengan benteng yang lebih mulus :D


Salam hangat.

-Fizi-

7 komentar:

  1. rutinitas memang membuat kita jenuh..... nikmati aja, kejenuhan merupakan keniscayaan.. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup, mari menikmati semua aktivitas :)
      Percaya atau engga kalau dinikmatin entah kenapa setelah itu selalu ada kejutan :)

      Hapus
  2. temukan hal yang baru.. :) sedikit refreshing lah..

    BalasHapus
  3. ditunggu postingan berikutnya yah..

    BalasHapus
  4. zii kamu anak SMA yang dewasa
    padahal belum lama masuk SMA hemmm
    mbak rasa kamu pinter banget di sekolah ya

    BalasHapus
  5. memang rasa jenuh pasti akan muncul, apalagi dengan rutinitas yang sama setiap hari dijalankan...namun bagaimana caranya kita melepaskan diri dari rasa jenuh tersebut...

    BalasHapus