Sabtu, 02 Juni 2012

Menanti Dan Mendapatkan

Image from Tumblr

Sudah dari malam kemarin timeline di twitter penuh dengan tweet- tweet galau nan tegang. Satu persatu tweet tentang hasil UN bermunculan. Mulai dari yang sudah dapat info tentang hasil sampai dengan yang galau karena masih belum tau nilai nya.

Dan saya termasuk kategori yang kedua.

Sebenar nya sih saya engga terlalu tegang juga. Hanya saja, timeline yang saya baca membuat saya jadi makin penasaran dengan nilai nya. Saya memang tipe orang yanggampang penasaran dengan suatu hal. Jadilah begitu.

Ditambah lagi, ternyata jam pembagian nilai nya agak siang. Jam sebelas! Padahal sekolah lain banyak yang jam sembilan diambil nilai nya sama orang tua. Dengar- dengar juga, ada yang dikirim dengan pos. Haduh, ga enak banget tuh yang dikirim pak pos. Tegang nya berlipat ganda. :)

Ada juga salah satu sekolah yang hanya boleh orang tua aja yang datang ke sekolah. Murid dilarang masuk. kata nyasih dicegat di pintu gerbang. Nasib. (ini hasil baca timeline twitter juga) 


Selain itu, ada juga beberapa anak beruntung yang sudah tau nilai nya dari malam sebelum pengumuman. Seperti nya dikasih tau wali kelas? mungkin, saya kurang tahu.

Ini beberapa tragedi yang terjadi sebelum pengumuman hasil ujian nasional. Banyak juga ya cerita nya. Masing- masing orang punya cerita sendiri.
Kalau saya sih dari malam kerjaan nya mantengin twitter, ya elah... saking penasaran nya saya baca tuh twitter temen- temen saya yang sudah tahu nilai nya. ahahaha...


Bulan pun mulai menghilang bersama bintang- bintang di sekitar nya, akhir nya mentari pun muncul di angkasa biru.

Suasana semakin tidak kondusif, berita- berita simpang siur bertebaran. Beberapa jam lagi pembagian nilai.


Secara spontan wajah tegang pun satu persatu pupus. Surat kelulusan sudah mulai dibagikan. Satu persatu wajah tegang pun pupus. Beberapa anak harap- harap cemas menunggu di depan pintu kelas. Beberapa lagi masih setia menggalau menatap langit biru, beberapa anak lain mengobrol untuk sekedar menceritakan impian mereka, 
bahkan, ada yang menitikan air mata sebelum pengumuman. Padahal, dia belum tahu hasil ujian nya.

Dimulai dari absen pertama, orang tua nya maju ke depan kelas untuk menemui wali kelas yang menyambut nya dengan senyum. Mengobrol berbasa- basi sebentar. Lalu menyuruh nya membuka surat di meja kelas. 

Hal ini terus bergulir, amplop mulai dibuka. Perlahan tapi pasti. Lipatan nya sudah mulai terbentang seperti permadani aladin. Hap!
Dan hasil jerih payah kami pun akan diketahui. Rasa penasaran kamipun mulai terjawab.

Satu persatu anak mengetahui hasil ujian nya, Ada yang mengembangkan senyum di wajah nya. Lalu berlari menyambangi teman di pintu kelas. Ada yang menangis terharu, Ada yang langsung pulang dan membuka amplop nya secara misterius. 
Dan tak jarang, ada yang menagis karena kecewa dengan hasil yang mereka dapat.

Oke, lalu bagaimana dengan saya sendiri?
Awal nya, setelah mendapatkan amplop. Saya langsung ngacir keluar sekolah bersama ibu saya. Lalu bertnya- tanya ke ibu saya sudah tahukah dengan hasil ujian saya? beliau menyuruh saya membuka sendiri amplop nya. Oke, ini lah saat yang saya tunggu.
Amplop putih ini mulai saya buka dengan perlahan (sama dengan gaya yang lain). Sret! surat saya tarik dengan cepat. Dag...Dig..dug...Oke, capek saya nunggu, Akhir nya langsung saya buka langsung sirat nya!

Sret!


Hening yang panjang.
Tunggu, ini yang kolom mana sih nilai saya? Yang kiri atau yang kanan?Lha kok ada tiga kolom?
Oh, ternyata yang di tengah nilai UN nya. Saya langsung lihat dengan secepat kilat. Sreet!
Waduh, kejauhan eui liat nya. Naik ke atas dikit coba baca nya...

Alhamdulillah...Saya lulus dengan nilai yang Baik. Terima kasih ya Allah....Terima kasih.... :D
Engga nyangka juga sih bisa dapat nilai segini. Tapi, inilah jawaban hasil kerja keras saya selama berbulan- bulan belajar pagi siang malam. Dan aneh nya saya engga enek belajar terus.  


Mulai dari pagi...Saya bangun sekitar jam tiga lebih. Lalu kadang shalat tahajud dulu (hehehe), lalu langsung ke meja belajar buka buku. Terutama pelajaran yang hafalan macam Biologi. Saya catat hal- hal penting di buku catatan saya. 
Setelah Adzan shubuh berkumandang, saya langsung istirahat.

Siang nya saya belajar di sekolah. 

Malam nya, Saya belajar Matematika dan Fisika bersama Papa saya.
Semua soal dibabat, buku yang satu habis. buka buku yang lain. kalau habis. Papa saya cari di internet.
Pokok nya, setiap malam saya selalu belajar dengan papa saya. Setiap hari. Engga peduli hari libur atau engga. yang penting belajar.
Kadang suka diskusi sampai malam juga.

Papa saya memang paling top deh kalu ngajar Matematika sama Fisika! :D


Saya memang engga ikutan Bimbel kaya anak lain. Males juga sebenar nya ikut Bimbel. Pulang sekolah langsung pergi ke tempat les. pulang malem. kapan istirahat Coba?
Hanya, saya privat bahasa inggris di rumah. Sisa nya, saya belajar sendiri. Bukan di Bimbel.

Toh hasil nya Nilai ujian nasional saya engga kalah tuh sama yang bimbel. Lagipula, pada akhir nya kan kembali ke diri kita sendiri juga. Bagaimana usaha kita. 


Jadi inget juga waktu masih pemantapan dulu. Saya dulu suka debat dengan (banyak) guru bahasa Indonesia. Hiah... lagian...bahasa Indonesia itu kan relatif. Gimana yang buat soal, jadi isi nya pun engga pasti. beda sama matematika yang udah pasti jawaban nya. Jadilah begini..hahaha. Maaf ya bu guru... :) Makasih atas bimbingan nya selama ini.
Untuk Pa Kosasih, Bu Susiani, Bu Lily,Bu ellen, dan semua guru makasih untuk semua pelajaran yang telah diberikan kepada saya selama ini. Maaf juga ya kalau ada kesalahan :)


Sebentar lagi Celana Biru akan bertransformasi menjadi celana panjang Abu- Abu. Hore! 



-Fizi-




2 komentar:

  1. Fahrizi! Ini Nenden 9A. Fahriziii kita sama-sama engga nyangka ya kita bakal dapat nilai sebagus itu, alhamdullilah, itu semua juga dari Allah, dan hasil usaha kita yang jujur, biarlah mereka yang licik, nanti mereka rasakan akibatnya hehe. Iya ya kalau diingat/flashback, usaha kita itu bener2 udah all out, artinya udah ya apapun yang ada kita keluarkan, dan juga saat ujian, apapun yang ada di otak saya, baik itu dari buku, guru ataupun apalah saya coba ingat2, kerjakan setiap soal, dan memindahkan ke lembar jawaban.Dan sebelum dikasihkan pengawas, saya periksa lagi. Dan alhamdullilah 4 hari itu terlewati, tibalah 2 juni, saya pun sempat sangattt tegang, keluarga saya ikut tegang, apalagi ibu saya, bahkan sempat bertanya pada wali kelas, brp nem saya, tetapi tdk diberi tau, akhirnya kesekolah daaan alhamdullilah nem saya hanya beda 0,30 dari kamu fahrizi, padahal secara logika kan pinteran kamu, dari hasil TO selalu lebih besar kamu, saya? paling besar hanya 8,... hehe, tapi akhirnya penantian kita terjawab fahrizi, pesan saya " dimanapun kamu berada tetap membaca, buka wawasan baru, dan ingatlah selalu mimpimu fahrizi, aku yakin suatu saat kau akan sukses!" *eh, 3 tahun lagi kita bertemu di kampus ITB ya fahrizi, insyaallah amien :)

    BalasHapus