Minggu, 23 Oktober 2011

Permainan Jaman SD

Mendengar kata "mainan"... saya jadi berasa Nostalgia lagi... (hiah masih bocah kok udah Nostalgia?)
Dulu, waktu masih duduk di sekolah dasar. Ada satu permainan yang menjadi favorit saya waktu itu. kira- kira waktu kelas berapa ya? seperti nya waktu kelas 3 kalau tidak salah.


Nama permainan nya "Popolisian.."
Permainan  ini memang Asik....sekali lagi asik. permainan yang dimainkan secara kelompok. Dalam permainan ini.  Di bagi kedalam dua kelompok.

1. Polisi

jujur, saya paling ga suka kalau jadi polisi. Polisi itu menurut saya yang Paling capek. jadi "Penjahat" juga sebenar nya juga capek sih... tapi kalau jadi polisi capek nya ga karuan.
Coba deh bayangin, kalau jadi polisi. kita ngejar- ngejar si penjahat. terus, kalau sudah ter tangkap di masukin ke penjara deh. Biasa nya penjara ini di jaga oleh beberapa pemain yang berperan sebagai Polisi.

Nah, yang ngejagain si Penjahat ini yang paling bosen.

Nunggu....berjaga- jaga... bosen deh yang ada..ahahahaha

Dalam permainan ini juga, Polisi terpecah lagi menjadi beberapa kelompok. Kelompok pertama, Mencari si "penjahat" yang entah sedang nyumput dimana. Kelompok kedua ( menurut saya yang masuk kelompok ini yang paling watir deh kaya nya hehehe), Kelompok ini bertugas menjaga para "tawanan" agar tidak kabur kemana- mana.


Biasa nya juga, Polisi harus tetap siaga. bisa saja ada komplotan "penjahat" yang sedang mengintai untuk menyelamatkan kawan nya yang sudah tertangkap. 


2. Penjahat

Hohoho... saya paling suka jadi penjahat dalam permainan ini. kalau jadi penjahat, rasa nya saya jadi seorang pemeran aktor action. Mengendap- endap....mencari tempat persembunyian yang pas. Seru deh.
Ada Motto nya nih kalau jadi Penjahat

"Diam-diam...menghanyutkan.."

Menurut saya, ini asas wajib yang harus di gunakan pemain yang menjadi penjahat. Jadi penjahat itu harus lihai, salah satu nya adalah lihai menyamar.
kadang kala, Polisi bisa kita kelabui lho....huahahaha. saya sering sekali melakukan nya. dan selalu berhasil!
cara nya, kalau sahabat tiba- tiba bertemu "polisi". Sahabat tak bisa bersembunyi lagi. Nah..di sini nih kelihaian dan kecerdikan pemain di uji. Tips pertama... jangan pernah takut kalau berhadapan dengan polisi. trik SKSD (sok kenal sok deket) bisa dipakai disini. coba deh.. ajak dia ngobrol... basa-basi... nanya tentang PR besok apa.... nilai ulangan kamu berapa.... nah...setelah dia mulai kehilangan konsentrasi terhadap permainan ini....

KABURRRR!!


Lari yang cepat! cepat putar otak untuk kabur ke tempat persembunyian terdekat! atau lari sejauh mungkin dari "polisi" yang sedang mangap itu. trik ini sebenar nya sangat brutal, tingkat keberhasilan nya sebenar nya bagaimana skill yang dimiliki si "penjahat". kalau selama ini saya pakai, presentase keberhasilan nya sekitar 59% berhasil dan 41% gagal.

Kalau trik ini gagal?
pasrah aja... tunggu sampai ada rekan sesama penjahat yang menolong :)
jangan salahin saya ya kalau trik ini gagal... lagi pula... saya juga engga berhasil terus kok pakai trik ini. Huahahahaha....


Kelompok penjahat juga sama seperti kelompok Polisi. Dalam Permainan ini, penjahat juga di bagi dua kelompok. Kelompok pertama, tugas nya.... apa yah? palingan ngundang polisi ngejar kita aja kok. atau mau nge-jailin polisi? boleh... :D

Kelompok kedua, saya sebut sebagai Tim SAR. bertugas menyelamatkan rekan yang tertangkap. Jadi kelompok kedua ini engga mudah lho... butuh strategi yang pas. kalau salah strategi? Nasib nya sudah dipastikan sama dengan tawanan. heehehe...
selain strategi, kemampuan fisik kelompok dua juga harus kuat dan lincah. kalau sedang berusaha memegang tangan rekan yang tertangkap (biasa nya cara memebebaskan tawanan dengan menyentuh tangan nya) Ia juga harus bisa mengecoh polisi yang berjaga.

Disini nih biasa nya kerja sama Tim dibutuhkan.



Well... Permainan "Popolisian" ini terakhir kali saya mainkan sekitar kelas empat atau kelas lima kalau tidak salah. kenapa saya tidak main waktu kelas enam?
karena... banyak teman- teman saya menganggap permainan ini sangat "anak kecil". sudah engga cocok anak kelas enam main Popolisian...

Padahal, permainan ini sangat seru menurut saya.


Di masa saya sekarang juga (masa SMP), permainan macam ini sudah hilang menjadi debu. yup, jadi debu. Sudah tidak ada lagi di sekolah saya yang main permainan ini. So, mungkin adik- adik kelas saya yang masih kelas 7 masih main ?

Sekarang, lebih banyak anak- anak  yang lebih suka main gadget mereka. seperti Black berry, play station,  PS portable, X Box, dll. Apa lagi sekarang lagi jaman nya game online macam Point Blank, seal, atau apalah itu.. jujur. saya engga pernah main game online lho... pernah sih..tapi palingan game facebook. wahahaha..

Malahan, anak sekarang bisa tahan berjam- jam duduk di kursi warnet (warung internet). sampai- sampai, ada warnet yang bikin paket 8 JAM! bayangin...delapan jam di depan komputer. engga capek tuh mata nya? saya aja baru 1 jam juga udah capek...


Padahal, permainan macam "popolisian" itu engga kalah asik. malah menurut saya, Game online itu basi. sekarang coba kita pikir. apa yang kita dapat dari main game online?
 yang ada paling hanya kesenangan sesaat. apa kita bisa dapat kenangan manis bersama sahabat dengan main game online?

Menurut saya tidak.


Kenangan saya bersama sahabat- sahabat saya di SD waktu dulu masih melekat di benak saya sampai detik ini. senyuman kemenangan kelompok penjahat karena bisa mengelabui polisi...muka kesal karena tertangkap polisi.... sampai... akhir nya permainan itu berakhir di kelas dengan dimarahi guru. karena di kelas jadi bau apek..bau keringat... ahahahahaha....

Thats my memory... yeah..memory...
kebahagian selalu didapat disaat kita bisa tertawa bersama sahabat....


So, masih berminatkah sahabat bermain "popolisian"? :)
mungkin..kalau kita bisa kopdar main "popolisian" yuk! ajak polisi asli...biar tambah seru. tapi jangan ajak penjahat asli...bisa berabe tuh...




“Artikel ini diikutsertakan pada Mainan Bocah Contest di Surau Inyiak”.




-FN-





9 komentar:

  1. Keren sekali permainannya, Fizi..

    Terima kasih sudah mengirimkan artikel ini ya. Saya sudah catat sebagai salah satu peserta dalam MAINAN BOCAH CONTEST :)

    BalasHapus
  2. wah, jadi inget masa kecil di kampung, mas fahri. tapi popolisian ini tdk ada di kampung saya, hehe ... bentik, bancakan, atau gangsingan yang paling saya suka.

    BalasHapus
  3. kalau sudah sampai 5 jam dalam seminggu.. itu namanya addict.. dan sesuatu yang addict.. kita sama sama tau.. gag baik.. kesimpulannya.. anak2 kecil sekarang rata-rata.. hiks hiks hiks

    BalasHapus
  4. Kopdar ?
    diisi dengan main Popolisian ...?

    Hayuuuu ...
    Sapa takut ...

    Hahahaha

    Salam saya Riz
    Semoga sukses di perhelatannya Om Uda Vizon

    BalasHapus
  5. mainan ini kombinasi main tak umpet ya, saya dulu nggak tau lho main popolisian ini

    BalasHapus
  6. tapi saya pernah mainin polisi dan penjahat ini sewaktu ada acara di organisasi kampus, seru banget. salam saya

    BalasHapus
  7. Alhamdulillah, akhirnya saya pun selesai juga mengerjakan tulisan untuk ikut kontes yang satu ini. Semoga ikhtiar ini bisa membuahkan hasil maksimal . Amin. Saling mendoakan ya, insha Allah.

    Oh ya, saya juga sedang mengadakan kontes menulis Endorsement for Abi Sabila. Mohon doanya, dan saya tunggu partisipasinya. Terima kasih

    BalasHapus
  8. Hm..benar juga ya,hahaha
    Saya terakhir main ini bulan ramadhan tahun ini,maklum saya mainnya sama anak yang lbih kcil dari saya,hahaha
    (dan sayapun yang paling tua,hahaha)

    BalasHapus
  9. ..
    waH jadi nostalgia jaman kecil dulu nih..
    kayaknya saya juga pernah main polisian ini.. hehe..
    ..

    BalasHapus