Sabtu, 10 September 2011

Study = Sleepy?



Ketiduran sebenar nya salah satu kebiasaan saya yang kurang bagus. Saya sering ketiduran biasa nya kalau lagi kecapean, atau bahkan cuma gara- gara iseng tidur- tiduran di tempat tidur.... dan berakhir mata pun tertutup, terlelap... terlena terbawa arus mimpi yang tak jelas arah nya kemana..

Masih mending kalau emang tisur sambil mimpi apaa gitu ya, ini mah sering engga mimpi apa- apa! *sigh

Berhubung saya ini orang nya seneng "iseng- iseng", suka nyoba sesuatu yang sebenar nya engga penting. Akhir nya kebiasaan bodoh itu malah membuat saya semakin kacau.

Tadi siang,  sekitar jam setengah dua. Habis makan siang saya niat nya mau belajar Fisika. Maklum anak kelas sembilan, bentar lagi UN.. jadi harus jadi anak yang rajin belajar supaya bisa masuk ke SMA yang Bagus di bandung *eaaa bahasa nya :D

Ritual

Setelah melakukan "ritual" sebelum belajar. "Ritual" nya sih simpel aja, cuci muka biar engga ngantuk. Engga ketinggalan membasuh tangan dan kaki supaya badan terasa segar dan fresh. Kan enak ada sensasi dingin- dingin gitu :)

Saya pun berjalan menuju kamar.

Buku soal- soal sudah lengkap tersaji di atas meja, buku Fisika yang berwarna biru muda dengan sentuhan warna putih di bagian judul nya pun sudah menunggu untuk di santap. Kertas kotretan pun sudah siap sebagai "makanan pendamping" . Senjata sudah siap, di tangan kanan pensil mekanik, dan beberapa senjata tambahan di tempat pensil telah siap sedia.

Saya pun duduk di kursi. Dan sekarang waktu nya...

Hajar soal!! hiatt! 

Bab 2, pelajaran kelas satu dulu. Tentang Zat dan wujud nya. "hmmm.... terlihat tidak terlalu rumit ya soal nya" pikir saya dalam hati. Saya mengawali invasi ini dengan cukup lancar. soal pertama, "dibawah ini yang bukan merupakan zat adalah..." 
hmm.. jelas jawaban nya C.bunyi !
Soal kedua, ketiga, keempat, dst di kerjakan dengan cukup lancar juga. walau ini ada beberapa soal yang udah lupa, dan harus liat ke bagian materi nya supaya tahu jawaban nya :) Dan.. sampai lah saya di soal nomor 15.

Nomor 15 ini yang menghentikan jalan sayamenuju ke suksesan. kira- kira sepertii ini soal yang menghentikan saya...

15. Jika pada bejana berhubungan terdapat pipa kapiler maka permukaan raksa pada pipa kapiler akan lebih rendah. ini menujukan:
1. Adhesi raksa dengan pipa kapiler lebih kecil dari pada kohesi raksa2. Adhesi raksa dengan pipa kapiler lebih besar dari pada kohesi raksa3. ......4. ......
Pernyataan yang benar adalah... 

Haduh, apaan nih pipa kapiler? Lupa saya... saya cuma tahu mengenai Adhesi dan kohesi nya aja. kalau tentang bejana.. jujur.. saya udah lupa. hiah, penyakit lama kambuh.  Setelah mencoba menerka- nerka dan menganalisis soal ini dengan seksama.. entah kenapa kepala jadi rada capek gitu. bukan ngantuk sih...tapi apaan ya?

Saya coba baca materi nya di bagian awal, hmm... engga ada yang mengenai ini. Ini soal bener- bener harus pakai logika mikir nya. Bisikan untuk istirahat pun mulai menyeruak. "kaya nya meningan tiduran dulu bentar deh, pasti bisa lebih enak mikir nya" pikir saya yang dengan polos nya.

Saya pun beranjak dari kursi, menutup buku. Mem- Pause invasi saya dalam peperangan ini. saya berjalan sedikit menuju tempat tidur. lalu merebahkan badan.

--------------

Nah, perjalan belajar saya berakhir sampai sana. Dengan sangat bodoh nya saya malah ketiduran!!! Arghh! dan kebangun habis ashar! sekitar jam setengah empatan!! Hahhh!! *Sigh
dan itu berarti saya ketiduran lumayan lamaa! dua setengah jam saya tidur!

Bagus,bagus,bagus. bukan nya belajar malah tidur!


Inilah dilema anak kelas akhir. Berusaha sebisa mungkin untuk memanfaatkan waktu luang buat belajar. walau kadang niat nya belajar satu jam, walau engga efektif juga kalau belajar sendiri. kadang efektih  nya cuma setengah jam buat belajar, setengah jam lagi buat tetek bengek yang engga penting buat di lakukan.

Malah kadang cuma sebatas niatan aja. Biasa nya sih saya belajar Fisika, Biologi, Matematika sama papa saya. kalau tadi sore sih iseng aja belajar sendiri (masih tetap konsisten dengan kata "iseng") kalau Bahasa Inggris sama guru privat. dan...bahasa indonesia..... belajar dengan otodidak, belajar sendiri. walau sering engga ngerti. lagian kan kalau bahasa indonesia saya punya 2 guru:

1. Guru di sekolah
2. Berguru dari buku

sampai saat ini masih mencoba mengasah kemampuan di bidang bahasa, Bahasa Indonesia itu emang engga mudah. keliatan nya sih "Cetek" banget. cuma tulisan- tulisan aja. engga kaya matematika harus ngitung. Tapi malah itulah yang paling menyeramkan dari bidang yang satu ini. Soal bahasa Indonesia sering menjebak, kaya lumpur hisap yang di tutupi dedaunan kering. tersamarkan....

Sungguh mengerikan. *Lebay.com


Pokok nya harus tetap berjuang supaya bisa lancar waktu UN nanti. Harus berjuan juga supaya bisa masuk SMA favorit di Bandung. Semoga lancar...aminnn..


Yeah! Go!Go! Fight!

-FN-


Note:
waktu buka kaskus ada artikel bagus tentang membuat mind mapping. kalau mau baca..Klik disini!
masalah komentar masih belum tertasi nih...saya sendiri masih belum bisa komentar di blog saya. kaya nya sih browser nya, tapi saya udah coba pakai browser lain tetap engga bisa komentar. Uda Vizon juga bilang di shout box kalau Uda juga engga bisa post komentar. 

Ada yang punya saran mengenai masalah ini? I need your help my friends.. :)






5 komentar:

  1. Kalau saya sih ketiduran karena memang suka ngerjain PR tengah malam (dasar...==a),hahaha,masalah bahasa Indonesia memang mengerika ya ka..apalagi pelajaran berbahasa kelemahan saya
    Ah,ngomong-ngomong tentang bercomment alhamdulillah di saya sudah kembali normal setelah update browsernya versi baru..hm..mungkin karena Bloggernya lagi diupdate jadi agak sedikit masalah mungkin,dan sepertinya Google Chrome lebih mendukung web ini untuk beroperas,jadi mungkin coba pakai Google Chrome browsernya.(kalau ga bisa juga,saya lagi pake opera.semoga membantu^^)
    NB : Ngomong-ngomong Mind mapping itu apa sih..?hehe :)

    BalasHapus
  2. Belajar sih boleh tapi istirahat juga penting. Lha wong namanya otak juga butuh rehat, kok.

    BalasHapus
  3. Nambah info:
    Saya pakai Firefox 6.0.2 ama-aman saja. Tapi akan lebih asyik lagi kalau fasilitas berkomentar dengan Name/Url-nya diaktifkan. Sehingga gak perlu repot2 login jika mau komen.

    BalasHapus
  4. Selamat belajar semoga sukses.
    Tapi jangan lupa istirahat.

    BalasHapus