Minggu, 15 Mei 2011

Menulis

Image by Me! that's my hand!

Saya tahu kalau tiap penulis pasti punya gaya nulis nya masing- masing. Bahkan, menurut saya sih tiap tulisan itu punya aura nya masing- masing. Lha, saya sendiri udah punya gaya nulis sendiri atau belum?



Ok, saya tahu kok, saya belum punya gaya nulis sendiri kaya penulis- penulis beken nan terkenal di ranah kepenulisan *hiah

Mungkin, karena sibuk *sok sibuk
jadi nya saya jarang nulis cerpen atau artikel. kalau pun ada kesempatan nulis. paling cuma saya pakai untuk nulis puisi saja.

Atau lebih tepat nya, memang saya ini penulis yang masih mengandalkan mood dalam menulis (oke, jangan dicontoh)
saya nulis kalau lagi pengen nulis, kalau lagi males ya engga akan nulis. saya bakal nulis kalau memang lagi ada ide. kalau engga ada ide? ya engga Nulis.  hahahahahah, Gimana mau jadi penulis prefesional coba kalau cara nulis nya aja masih buruk rupa kaya gini?

susah juga ya mendisiplinkan diri sendiri buat nulis. kadang, kalau pun berhasil duduk di depan laptop buat nulis. Yang ada malah engga tau mau nulis apa. Ujung- ujung nya malah main Chess titans.  

Ada teman yang ngusulin supaya nge-jadwal nulis. jadi tiap satu bulan, paling engga harus nulis satu artikel, di minggu pertama nyari bahan, minggu kedua mulai nulis, dan seterus nya.
Tapi, tetep aja engga berhasil.

Kalau berhasil nulis cerpen, itu lebih sering karena kebetulan. Tau- tau aja buka Microsoft Word, lalu nulis, lalu jadilah cerpen!

Parah sekali.

Lima bulan terakhir ini aja, seingat saya baru  selesai Empat cerpen. Dua memang benar- benar selesai, Dua lagi....... masih ngambang, engga tau mau ngelanjutin cerita  nya seperti apa. 
Itu salah satu masalah yang saya hadapi dalam menulis cerpen.

Di awal lancar, di tengah mulai tersendat- sendat, dan ter akhir... langsung di save cerpen nya, dan entah akan dilanjutkan atau tidak. saya sendiri engga tau :)

Bisa dibilang, saya ini bukan cerpenis yang produktif. Malah kalau menurut saya sih saya belum cocok di sebut sebagai cerpenis. Nulis cerpen aja jarang.
Haduh, tabiat saya yang mood- mood-an memang sangat menggangu ke-produktifitas saya dalam menulis.

Being the writter isn't easy...
I must have a lot practice again.

Mungkin, ada yang pernah ngalamin kaya gini juga engga?
Ada yang tahu supaya tidak tergantung mood dalam menulis?


Maaf ya banyak nanya   :D

-FN-


7 komentar:

  1. kalo aku sih udah ga make mood lagi kalo nulis. tulis ya nulis. lebih baik satu tulisan jelek daripada ga ada sama sekali

    BalasHapus
  2. @Tukangcolong: Sip!!!! bener juga ya... meningan nulis tapi jelek dari pada ga nulis sama sekali :D

    BalasHapus
  3. Seperti kegiatan lain dalam kehidupan, yang penting kita harus punya gairah (passion) dalam menulis. Kalau sekedar basa basi, hasilnya akan basa basi pula.

    BalasHapus
  4. @Multibrand: hmmm.... terima kasih saran nya :) memang harus ada passion :D

    BalasHapus